E-COMMERCE
adalah kegiatan komersial dengan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran
barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www,
atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana
elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis,
dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-BISNIS
adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis
dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan
suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan
eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai
untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi
permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
E-MARKETPLACE
adalah situs di internet yang mempertemukan antara pembeli dan pnjual. Yang
berpartisipasi pnjual dn pembeli
ELECTRONIC
TAILING (E-TAILING) adalah Retailing yang diselengarakan secara on-line
dengan internet.
E-TAILERS
: produsen yang melakukan penjualan melalui elektronik
PURE
PLAY E-COMMERCE adalah usaha penjualan dengan menggunakan skenario yang
hanya bermain pada pasar online saja, tidak dengan online.
Contoh : - Car Point, eBay.com,
Amazon.com
Skenario ini dilakukan hanya dengan satu
jalan dan cara yaitu melalui sistem online. Mulai dari pengenalan produk,
promosi, dan transaksi. Online SBU ( Strategy Business Unit ) di jalankan untuk
memasarkan strategi untuk bisnis online, dan hal tersebut dapat menentukan
seleksi segmentasi target pemasaran.
INTRANET
adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya
saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet
(WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. Co : Jika MIS / ERP perusahaan
telah ditata dengan baik langkah selanjutnya biasanya mengarah ke e-commerce
(dagang melalui Internet).
EKSTRANET
adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem
telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi
secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner),
pelanggan dan lain-lain. Contoh yang membangun extranet dapat bertukar data
bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan
perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.,aplikasi yang
dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.
NILAI
PELANGGAN / NILAI CUSTOMER / CUSTOMER VALUE adalah selisih antara manfaat
yang diperoleh customer dari suatu produk atau jasa dengan upaya dan
pengorbanan yang dilakukannya untuk mendapatkan dan menggunakan produk itu.
PERUSAHAAN
DIGITAL : hampir semua hubungan bisnis organisasi penting dengan pelanggan,
para penyalur, dan karyawan dimungkinkan dapat ditengahi secara digital. Proses
bisnis inti perusahaan digital terpenuhi melalui jaringan digital yang memutar
keseluruhan organisasi . Ada 4 indikator yang harus dipenuhi untuk
menjadi perusahaan digital, yaitu sistem pengelolaan rantai pasokan,
sistem pengelolaan relasi pelanggan, sistem perusahaan dan sistem pengelolaan
pengetahuan.
MODEL
E-BUSSINES:
1.Busines to Busines B2B adalah transaksi secara
elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya,
dapat disimpulkan B2B adalah :Disebut juga transaksi antar
perusahaan,,Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan
jasa, informasi & konsultasi,Digunakan untuk pengiriman dan permintaan
proposal bisnis. Co: globalmarket.com, tradekey.com
2.
Bussines to Cunsumer (B2C) dalah suatu Bisnis-(Business) yang
menjual/menyediakan-(to) produk atau jasa pada konsumen-(Consumers) untuk
memenuhi permintaan/kebutuhan tertentu pada saat tertentu. Sekalipun B2C juga
ada dalam kegiatan bisnis offline, B2C lebih digunakan untuk sebutan salah satu
jenis bisnis online co : www.amazon.com
3. Consumer to Consumer (C2C)
merupakan transaksi dimana konsumen menjual produk secara langsung kepada
konsumen lainnya. Co: www.ebay.com
4. Consumer to Bussines (C2B)
merupakan individu yang menjual produk atau jasa kepada organisasi dan individu
yang mencari penjual dan melakukan transaksi Priceline.com
FAKTOR-FAKTOR
PENGHAMBAT E-COMMERCE DI INDONESIA :
1.Keamanan dalam bertransaksi dalam hal
jaminan keamanan oleh provider
2.Internet Banking yang terbatas)
3.Budaya dan kebiasaan belanja
masyarakat untuk rekreasi.
4.Penyedia e-commerce : merchant,
fasilitator e-commerce, dan bank.
PRINSIP
4W DALAM E-BUSINESS
1. What: Secara prinsip pengertian E
Business jauh lebih luas dibandingkan dengan E Commerce, bahkan secara
filosofis, E Commerce merupakan bagian dari E Bussiness. Jika E Commerce hanya
memfokuskan diri pada aktivitas atau mekanisme transaksi yang dilakukan secara
elektronik/digital, E Bussiness memiliki wilayah yang jauh lebih luas, termasuk
di dalamnya aktivitas relasi antara dua entiti perusahaan, interaksi antara
perusahaan dengan pelanggannya, kolaborasi antara perusahaan dengan para mitra
bisnisnya, pertukaran informasi antara perusahaan dengan para pesaing usahanya,
dan lain sebagainya.
2. Where: E Bussiness dilakukan
dimana saja, sejauh pihak yang berkepentingan memiliki fasilitas
elektronik/digital sebagai kanal akses (access channel). Berbeda dengan bisnis
konvensional dimana transaksi biasa dilakukan secara fisik di sekitar
perusahaan dengan akses dan variasi transaksi yang terbatas
3. Who: siapa saja yang melakukan E
Bisnis. Klasifikasi entiti yang kerap dipergunakan dalam mengilustrasikan
eBusiness, masing-masing: Agent, Business, Consumer, Device, Employee, Family,
dan Government. Contohnya adalah sebuah aplikasi tipe eCommerce B-to-C yang
merupakan mekanisme hubungan perdagangan antara sebuah perusahaan dengan para
pelanggannya (end consumersnya); atau tipe G-to-G yang menghubungkan dua buah
negara untuk permasalahan eksport dan import.
4. Why: Penerapan konsep eBusiness
secara efektif memberikan keuntungan bagi perusahaan karena banyaknya komponen
biaya tinggi yanga dapat dihemat, yang secara tidak langsung meningkatkan level
pendapatannya. Dengan mengimplementasikan eBusiness, perusahaan dapat melihat
berbagai peluang dan celah bisnis baru yang selama ini belum pernah ditawarkan
kepada masyarakat.
KEUNTUNGAN
E-COMMERCE YAITU:
a. Bagi Perusahaan, memperpendek
jarak, perluasan pasar, perluasan jeringan mitra bisnis dan efisiensi, dengan
kata lain mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif,
serta mengurangi biaya-biaya yang
berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos
surat, pencetakan, report, dan sebagainya sehingga dapat meningkatkan
pendapatan.
b. Bagi Konsumen, Electronic
commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja selama 24 jam , memberikan
lebih banyak pilihan kepada pelanggan mereka bisa memilih berbagai produk dari
banyak vendor,menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada
pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan
secara cepat.
KELEMAHAN
E-COMMERCE YAITU:
Bagi perusahaaan :
•Pencurian informasi rahasia yang
berharga,
•Kehilangan kesempatan bisnis karena
gangguan pelayanan,
•Penggunaan akses ke sumber oleh pihak
yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem
perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya
sendiri.
•Kehilangan kepercayaan dari para
konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan
sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
Bagi Konsumen :
•Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan
oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja , ketidakjujuran , praktek bisnis
yang tidak benar
•Terkadang Menimbulkan Kekecewaan, apa
yang dilihat dilayar monitor komputer kadang berbeda dengan apa yang dilihat
secara kasat mata
BAM’S
(BRICK – AND – MORTAR) adalah usaha penjualan dengan menggunakan skenario
dengan dua sistem yaitu online dan offline.
Strategi pada BAM’s ada 4, yaitu : -
•No Change
• Market Expansion
• Market Reclassification
• Reclassified – expansion
Dan target skenarionya ada 4, yaitu
:
•Blanket targeting
• Beached targeting
• Bleed over targeting
• New opportunity targeting
Contoh : - Gramedia
Gramedia merupakan toko buku. Pada
awalnya gramedia melakukan sistem penjualan
dengan sistem offline. Namun seiring
perkembangan zaman, maka Gramedia mengembangkan sistem penjualannya menggunakan
sistem online. Pada awalnya sistem baru ini tidak terlalu signifikan terhadap
tingkat penjualan, tapi seiring dengan waktu, maka sistem online ini dapat
diterima dengan baik, Target skenario yang dipakai Gramedia adalah Blanket
Targeting ( menggunakan sistem online 50% dan offline 50% ).
CARA
KERJA SEARCH ENGINE
•Spider
Spider merupakan program yang dimiliki
search engine yang bekerja untuk mengambil halaman-halaman yang ditemukannya,
hampir mirip dengan cara kerja browser. Perbedaannya adalah jika Spider tidak
kelihatan karena ditujukan kepada mesin yang langsung disimpan pada database
mereka, sedangkan browser ditujukan untuk manusia yang langsung menampilkan
informasi baik berupa teks, gambar dan sebagainya.
•Crawler
Crawler merupakan program yang dimiliki
search engine yang bertugas menelusuri setiap link yang ada dalam suatu
website. Tugas Crawler adalah membantu
spider untuk menentukan arah yang akan
ditujunya sekaligus mengevaluasi link tersebut.
• Indexer
Indexer merupakan mesin yang dimiliki
search engine yang bertugas mendeskripsikan suatu halaman website dan
menganalisa berbagai unsur di dalamnya, seperti pada penulisan title, penulisan
huruf, keyword-keyword yang ada dalam konten sehingga dengan demikian akan
mengenal web tersebut lebih jauh lagi terutama dalam menganalisa suatu keyword
yang ada di dalamnya.
• Database
Komponen search engine ini merupakan
tempat meletakkan data-data sebelumnya yang telah didownload oleh Spider serta
tempat yang tadinya digunakan oleh indexer dalam menganalisa suatu halaman
website.
• Result Engine
Result engine sendiri merupakan program
yang bertugas menggolongkan suatu website dan menentukan perangkingan dalam
hasil pencarian yang diminta oleh user. Program ini menganalisa siapakah yang
layak masuk kriteria utama dalam perangkingan suatu keyword yang diminta oleh
pengguna.
Dan tentu saja yang ditampilkan terlebih
dahulu dihasil pencarian adalah website yang telah memenuhi peraturan dan
kaedah-kaedah yang ditentukan search engine.
• Web Server
Sedang bagian yang terakhir adalah web
server. Bagian ini merupakan komputer central yang ada pada search engine yang
yang melayani permintaan kepada user yang merupakan umpan balik dari permintaan
user tersebu
1 komentar:
mantap
kunjungi artikel mediatek m80
Posting Komentar