Selasa, 06 Maret 2018

E-COMMERCE adalah kegiatan komersial dengan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

E-BISNIS adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

E-MARKETPLACE adalah situs di internet yang mempertemukan antara pembeli dan pnjual. Yang berpartisipasi pnjual dn pembeli

ELECTRONIC TAILING (E-TAILING) adalah Retailing yang diselengarakan secara on-line dengan internet.

E-TAILERS : produsen yang melakukan penjualan melalui elektronik

PURE PLAY E-COMMERCE adalah usaha penjualan dengan menggunakan skenario yang hanya bermain pada pasar online saja, tidak dengan online.
Contoh : - Car Point, eBay.com, Amazon.com
Skenario ini dilakukan hanya dengan satu jalan dan cara yaitu melalui sistem online. Mulai dari pengenalan produk, promosi, dan transaksi. Online SBU ( Strategy Business Unit ) di jalankan untuk memasarkan strategi untuk bisnis online, dan hal tersebut dapat menentukan seleksi segmentasi target pemasaran.

INTRANET adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. Co : Jika MIS / ERP perusahaan telah ditata dengan baik langkah selanjutnya biasanya mengarah ke e-commerce (dagang melalui Internet).

EKSTRANET adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain. Contoh yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.,aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.
NILAI PELANGGAN / NILAI CUSTOMER / CUSTOMER VALUE adalah selisih antara manfaat yang diperoleh customer dari suatu produk atau jasa dengan upaya dan pengorbanan yang dilakukannya untuk mendapatkan dan menggunakan produk itu.

PERUSAHAAN DIGITAL : hampir semua hubungan bisnis organisasi penting dengan pelanggan, para penyalur, dan karyawan dimungkinkan dapat ditengahi secara digital. Proses bisnis inti perusahaan digital terpenuhi melalui jaringan digital yang memutar keseluruhan organisasi . Ada 4 indikator yang harus dipenuhi untuk menjadi perusahaan digital, yaitu sistem pengelolaan rantai pasokan, sistem pengelolaan relasi pelanggan, sistem perusahaan dan sistem pengelolaan pengetahuan.

MODEL E-BUSSINES:
1.Busines to Busines  B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya, dapat disimpulkan B2B adalah :Disebut juga transaksi antar perusahaan,,Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi,Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis. Co: globalmarket.com, tradekey.com
 2. Bussines to Cunsumer (B2C) dalah suatu Bisnis-(Business) yang menjual/menyediakan-(to) produk atau jasa pada konsumen-(Consumers) untuk memenuhi permintaan/kebutuhan tertentu pada saat tertentu. Sekalipun B2C juga ada dalam kegiatan bisnis offline, B2C lebih digunakan untuk sebutan salah satu jenis bisnis online co : www.amazon.com
3. Consumer to Consumer (C2C) merupakan transaksi dimana konsumen menjual produk secara langsung kepada konsumen lainnya. Co: www.ebay.com
4. Consumer to Bussines (C2B) merupakan individu yang menjual produk atau jasa kepada organisasi dan individu yang mencari penjual dan melakukan transaksi Priceline.com

FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT E-COMMERCE DI INDONESIA :
1.Keamanan dalam bertransaksi dalam hal jaminan keamanan oleh provider
2.Internet Banking yang terbatas)
3.Budaya dan kebiasaan belanja masyarakat untuk rekreasi.
4.Penyedia e-commerce : merchant, fasilitator e-commerce, dan bank.

PRINSIP 4W DALAM E-BUSINESS
1. What: Secara prinsip pengertian E Business jauh lebih luas dibandingkan dengan E Commerce, bahkan secara filosofis, E Commerce merupakan bagian dari E Bussiness. Jika E Commerce hanya memfokuskan diri pada aktivitas atau mekanisme transaksi yang dilakukan secara elektronik/digital, E Bussiness memiliki wilayah yang jauh lebih luas, termasuk di dalamnya aktivitas relasi antara dua entiti perusahaan, interaksi antara perusahaan dengan pelanggannya, kolaborasi antara perusahaan dengan para mitra bisnisnya, pertukaran informasi antara perusahaan dengan para pesaing usahanya, dan lain sebagainya.
2. Where: E Bussiness dilakukan dimana saja, sejauh pihak yang berkepentingan memiliki fasilitas elektronik/digital sebagai kanal akses (access channel). Berbeda dengan bisnis konvensional dimana transaksi biasa dilakukan secara fisik di sekitar perusahaan dengan akses dan variasi transaksi yang terbatas
3. Who: siapa saja yang melakukan E Bisnis. Klasifikasi entiti yang kerap dipergunakan dalam mengilustrasikan eBusiness, masing-masing: Agent, Business, Consumer, Device, Employee, Family, dan Government. Contohnya adalah sebuah aplikasi tipe eCommerce B-to-C yang merupakan mekanisme hubungan perdagangan antara sebuah perusahaan dengan para pelanggannya (end consumersnya); atau tipe G-to-G yang menghubungkan dua buah negara untuk permasalahan eksport dan import.
4. Why: Penerapan konsep eBusiness secara efektif memberikan keuntungan bagi perusahaan karena banyaknya komponen biaya tinggi yanga dapat dihemat, yang secara tidak langsung meningkatkan level pendapatannya. Dengan mengimplementasikan eBusiness, perusahaan dapat melihat berbagai peluang dan celah bisnis baru yang selama ini belum pernah ditawarkan kepada masyarakat.

KEUNTUNGAN E-COMMERCE  YAITU:
a. Bagi Perusahaan, memperpendek jarak, perluasan pasar, perluasan jeringan mitra bisnis dan efisiensi, dengan kata lain mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif, serta mengurangi  biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas,  seperti  biaya pos  surat, pencetakan, report, dan sebagainya sehingga dapat meningkatkan pendapatan.
b. Bagi Konsumen, Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja selama 24 jam , memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor,menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.

KELEMAHAN E-COMMERCE  YAITU:
Bagi perusahaaan :
•Pencurian informasi rahasia yang berharga,
•Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan,
•Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
•Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
Bagi Konsumen :
•Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja , ketidakjujuran , praktek bisnis yang tidak benar
•Terkadang Menimbulkan Kekecewaan, apa yang dilihat dilayar monitor komputer kadang berbeda dengan apa yang dilihat secara kasat mata

BAM’S (BRICK – AND – MORTAR) adalah usaha penjualan dengan menggunakan skenario dengan dua sistem yaitu online dan offline.
Strategi pada BAM’s ada 4, yaitu : -
•No Change
• Market Expansion
• Market Reclassification
• Reclassified – expansion
Dan target skenarionya ada 4, yaitu :
•Blanket targeting
• Beached targeting
• Bleed over targeting
• New opportunity targeting
Contoh : - Gramedia
Gramedia merupakan toko buku. Pada awalnya gramedia melakukan sistem penjualan
dengan sistem offline. Namun seiring perkembangan zaman, maka Gramedia mengembangkan sistem penjualannya menggunakan sistem online. Pada awalnya sistem baru ini tidak terlalu signifikan terhadap tingkat penjualan, tapi seiring dengan waktu, maka sistem online ini dapat diterima dengan baik, Target skenario yang dipakai Gramedia adalah Blanket Targeting ( menggunakan sistem online 50% dan offline 50% ).

CARA KERJA SEARCH ENGINE
•Spider
Spider merupakan program yang dimiliki search engine yang bekerja untuk mengambil halaman-halaman yang ditemukannya, hampir mirip dengan cara kerja browser. Perbedaannya adalah jika Spider tidak kelihatan karena ditujukan kepada mesin yang langsung disimpan pada database mereka, sedangkan browser ditujukan untuk manusia yang langsung menampilkan informasi baik berupa teks, gambar dan sebagainya.
•Crawler
Crawler merupakan program yang dimiliki search engine yang bertugas menelusuri setiap link yang ada dalam suatu website.  Tugas Crawler adalah membantu spider untuk  menentukan arah yang akan ditujunya sekaligus mengevaluasi link tersebut.
• Indexer
Indexer merupakan mesin yang dimiliki search engine yang bertugas mendeskripsikan suatu halaman website dan menganalisa berbagai unsur di dalamnya, seperti pada penulisan title, penulisan huruf, keyword-keyword yang ada dalam konten sehingga dengan demikian akan mengenal web tersebut lebih jauh lagi terutama dalam menganalisa suatu keyword yang ada di dalamnya.
• Database
Komponen search engine ini merupakan tempat meletakkan data-data sebelumnya yang telah didownload oleh Spider serta tempat yang tadinya digunakan oleh indexer dalam menganalisa suatu halaman website.
• Result Engine
Result engine sendiri merupakan program yang bertugas menggolongkan suatu website dan menentukan perangkingan dalam hasil pencarian yang diminta oleh user. Program ini menganalisa siapakah yang layak masuk kriteria utama dalam perangkingan suatu keyword yang diminta oleh pengguna.
Dan tentu saja yang ditampilkan terlebih dahulu dihasil pencarian adalah website yang telah memenuhi peraturan dan kaedah-kaedah yang ditentukan search engine.
• Web Server
Sedang bagian yang terakhir adalah web server. Bagian ini merupakan komputer central yang ada pada search engine yang yang melayani permintaan kepada user yang merupakan umpan balik dari permintaan user tersebu


1 komentar:

Firman Hadi mengatakan...

mantap
kunjungi artikel mediatek m80

Posting Komentar